Friday, 29 June 2018

Rekomendasi 5 Obyek Wisata Budaya Terbaik di Jogja



Walaupun wisata alam masih tetap menjadi pilihan utama banyak orang untuk menghabiskan waktu saat liburan tiba, ternyata berwisata budaya juga tak kalah seru, loh, untuk dilakukan!  Jogja terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Jogja terkenal dengan wisata goanya yang menakjubkan. Jogja juga terkenal dengan berbagai museum dan bangunan sejarah yang menarik, tetapi Jogja juga terkenal dengan wisata budaya yang keren-keren. 

Penasaran budaya apa saja yang menarik di Jogja? Berikut kami berikan daftar paket wisata jogja budaya di jogja yang paling recommended untuk dikunjungi 

Daftar Wisata Budaya Terfavorit Jogja 

1. Tembi Rumah Budaya (Proses Melukis Wayang)

Bagi anda yang ingin tahu proses melukis wayang, anda bisa berkunjung ke Tembi Rumah Budaya yang terletak di Jalan Parangtritis KM 8,4, Sewon, Bantul. 

Nah, biasanya setiap hari Rabu dari pukul 10.00 pagi sampai dengan 15.00 sore, di sana dilakukan demo melukis wayang yang bisa dilihat langsung oleh para wisatawan. Tak hanya itu, selain anda bisa melihat bagaimana proses melukis wayang, di sana anda juga akan diperdengarkan sebuah cerita dari tokoh-tokoh yang sedang dikerjakan. Wih, keren banget, kan? 

Nah,mengunjungi Tembi Rumah Budaya bisa menjadi wisata yang menyenangkan. Selain dapat berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman teman, anda juga bisa memperoleh wawasan budaya Jogja lebih mendalam. 

Bagaimana dengan biayanya? 

Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ternyata melihat proses melukis wayang ini sama sekali tidak mengeluarkan biaya alias gratis! 

2. Menyaksikan Tari klasik di Keraton


Bagi anda yang sedang berlibur di Jogja, rasanya liburan anda tidak akan lengkap jika belum sempat mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini berada di tengah pusat kota. 

Bagi anda yang belum tahu, Istana Kesultanan resmi ini adalah tempat tinggal Sultan dan keluarganya hingga sekarang ini. Selain anda akan disuguhkan dengan atmosfer khas kesultanan dan arsitektur bangunan kuno, di Keraton ini juga sering diselenggarakan pagelaran seni dan budaya juga. 

Maka dari itu bagi anda yang ingin menyaksikan pergelaran tersebut harus mencari jadwal paling update mengenai kegiatannya pada petugas yang berada di Keraton.  Salah satu pertunjukan yang sering diadakan adalah tari klasik. Tari klasik ini diadakan dari mulai pukul 10.00 pagi hingga 12.00 siang, pada hari Minggu. 

Nah, jika anda tertarik untuk menyaksikan berbagai tari klasik yang keren dengan iringan musik tradisional, anda tidak perlu bayar dua kali, cukup hanya membayar tiket masuk ke dalam Keraton saja. 

3. Jamas Keris


Wah, apa, tuh? Terdengar asing di telinga anda? Mari membahas pengertiannya sebentar. 

Jamas Keris merupakan kegiatan memandikan keris yang dianggap benda pusaka. Sama seperti kegiatan proses melukis wayang, jamas keris juga diselenggarakan di Tembi Rumah Budaya dan biasanya diadakan setiap hari Jumat pukul 10.00 pagi hingga 15.00 sore.di Pendapa, TRB. 

Namun demo jamas keris hanya dilakukan pada waktu waktu tertentu saja. Seperti misalnya Bulan Suro. output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah agar para wisatawan dan masyarakat setempat dapat mengenal sebuah ritual budaya yang saat ini kebanyakan tidak orang mengerti dan orang tahu. 

4. Pentas Sendratari Ramayana


Anda tahu Candi Prambanan? Yup, Candi Prambanan adalah salah satu icon Yogyakarta. Tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia saja tapi juga sangat famous di kancah internasional.  Di kawasan sekitar Candi sering sekali digelar berbagai kegiatan misalnya seperti tawur agung, heritage walk atau yang paling keren Prambanan Jazz.  Sst … dalam waktu waktu tertentu Candi Prambanan juga sering mengadakan Ramayana ballet. Apa itu Ramayana ballet? Ramayana Ballet adalah event yang menyuguhkan pertunjukan seni drama dan tari. 

Yang paling keren dari event ini adalah Ramayana ballet biasanya diadakan di panggung yang terbuka yang dibangun dan seolah menyatu bersama lingkungan alam Gunung Merapi dan Candi Prambanan sebagai background-nya. 

5. Batik dan Sulaman Jogja

Tahukah anda bahwa museum batik Yogyakarta adalah museum batik pertama di DIY. Sebagai pemrakarsa atas berdirinya Museum Sulaman, pernah memperoleh penghargaan MURI pada tahun 2001 silam. 

Tahukah anda berbagai kegiatan seni serta budaya masih sering dilakukan di daerah Jogja. Yup, kegiatan tersebut ada yang harian bahkan tahunan, ada juga dari skala kecil kecilan. sampai skala nasional bahkan internasional. 

Museum ini berada di Jalan Dr. Sutomo Yogyakarta.di sana terdapat kurang lebih sebanyak 1259 koleksi mengenai perbatikan. Misalnya mulai dari jenis-jenis batik yang popular, serta peralatan batik seperti parafin, canting cap, canting tulis, serta malam batik.  Kalau anda ingin melihat koleksi kain batik yang tertua, yang dibuat tahun 1840, maka museum ini wajib anda kunjungi. 

Nah, itulah diatas sekilas mengenai daftar wisata budaya di Jogja yang paling recommended untuk anda kunjungi ketika liburan. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Related Posts

Rekomendasi 5 Obyek Wisata Budaya Terbaik di Jogja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.